TUGAS INDIVIDU FAKULTAS EKONOMI UNJ

Nama     : Delpy Puspita Sari
Fakultas : Ekonomi
Jurusan  : Manajemen
Prodi     :  S1 Manajemen
Tema     : Mengidentifikasikan Permasalahan Perekonomian di Indonesia Bagian Timur serta Solusi Konkret untuk Mengatasinya




PERMASALAHAN PEREKONOMIAN DI PAPUA DAN SOLUSINYA
            Indonesia merupakan Negara berkembang yang sampai saat ini masih jauh dari kata sejahtera. Banyak sekali wilayah di Indonesia yang saat ini belum bisa dijangkau oleh fasilitas yang memadai. Disini saya akan membahas tentang masalah perekonomian papua dari banyak sektor. Papua merupakan salah satu kota yang dapat dikatakan masih jauh dari kesejahteraan. Tingkat kemiskinan kota papua mencapai sekitar kurang lebih 30 persen.Sebagian besar orang mengenal negeri papua kaya akan dalam segala hal, baik kekayaan alam, biota laut ataupun biota alam, tapi itu terlihat dari sudut pandang luar saja, mereka sebenarnya tidak mengetahui seluk beluk sosial budaya dan ekonomi di papua seperti apa. 
            Sebenarnya jika kita telaah lebih jauh, papua bisa berkembang pesat dibanding provinsi-provinsi lainnya, tetapi papua tidak bisa mengoptimalkan hal tersebut. Dari tahun ke tahun penduduk di papua semakin bertambah namun tidak diimbangi dengan sdm yang ada. Kondisi sosial ekonomi mereka sangat memprihatinkan seperti kondisi perumahan yang tidak layak, tingkat inflasi, harga barang dan jasa tertinggi, dll. selain itu tingkat pendidikan relatif rendah dan sering kali mereka masih kekurangan gizi akibat tidak meratanya pasokan gizi baik di kampung-kampung yang ada di provinsi papua, angka kematian bayi tertinggi, tingkat kemiskinan, korupsi, dan kinerja pemerintah yang rendah. Indeks pembangunan masyarakat papua terdapat pada urutan ke 33 dari 33 provinsi di Indonesia.
            Terbukti ternyata papua masih menjadi provinsi yang harus diperhatikan pemerintah, memang sebagian daerah sudah merata perekonomiannya, tapi masih ada banyak daerah di pelosok papua yang harus diperhatikan pemerintah, seperti pemerataan pendidikan contohnya membangun sekolah yang layak agar bisa membangun generasi muda bangsa yang berkualitas yang bisa menjaga papua dari orang orang luar. Seharusnya pemerintah bisa lebih bijak lagi mengatasi perekonomian di papua.
            Itu sebabnya terjadi ketimpangan pembangunan yang cukup kontras antara wilayah di Indonesia  bagian barat dengan Indonesia bagian timur. Bahkan, ketimpangan yang ada terbilang masih cukup tinggi sehingga berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat ,bayangkan saja dari 183 kabupaten yang masuk dalam kategori daerah tertinggal sekitar 80% diantaranya berada di wilayah di Indonesia bagian timur,dan itu balik lagi karna pembangunan ekonomi daerah di papua masih kurang adil. Papua masih saja terpuruk dan terpuruk, dan kita seakan tidak mau peduli dengan kondisi papua yang sekarang masih tetap menjadi provinsi yang jauh dari kata sejarhtera. Padahal kita tahu kekayaan alam di papua sangat banyak dan tak terbatas.
            Solusi dari permasalahan tersebut yaitu pemerintah tidak menyoroti satu daerah yang dikenal saja, sebaiknya pemerintah menyoroti papua sampai ke pelosok pelosok agar terjadi pemerataan dari berbagai sektor,dan kalau itu terjadi perekonomian di papua akan seimbang di seluruh daerah, dan tidak ada lagi harga bensin yang satu liter seharga 50 ribu rupiah, dan juga pembangunan harus terjadi di seluruh wilayah agar semua masyarakat di pelosok papua dapat menikmatinya,seperti pembangunan sekolah,pembangunan puskemas di pelosok pelosok papua yang belum tersentuh oleh pemerintah. Dan juga solusi terpenting adalah pemerintah daerah harus bisa turun tangan langsung ke pelosok pelosok di papua agar pemerintah tau keluhan keluhan masyarakat papua yang sudah lama dipendam, dan agar pemerintah bisa langsung mengatasi secara cepat. Pemerintah juga sebaiknya bisa menambah pembangunan  perekonomian daerah di pelosok dengan cara mebuat lahan pekerjaan yang bisa membuat perekonomian di daerah tersebut sedikit lebih meningkat. Pembangunan sekolah juga penting agar dapat menghasilkan generasi muda yang lebih berkualitas.
            Dan pemerintah juga harusnya bisa menyoroti kesehatan penduduk di pelosok papua yang belum tersentuh oleh pemerintah,dengan cara  mengirimkan dokter ahli di setiap daerah di papua agar kesehatan penduduk di papua bisa terjaga dan tidak ada lagi tingkat kesehatan dan gizi rendah. Semoga pemerintah bisa lebih bijak menangani pertumbuhan ekonomi di papua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar